Cara Menghubungkan Google Drive Dengan Komputer

Cara Menghubungkan Google Drive Dengan Komputer – Saat ini banyak orang yang menyimpan data-data penting di media elektronik seperti komputer, laptop, smartphone, flashdisk, hardisk, SSD, dll.

Namun pernahkah Anda berpikir suatu saat data penting Anda akan hilang? Parahnya lagi Anda tidak memiliki salinan data penting tersebut.

Cara Menghubungkan Google Drive Dengan Komputer

Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh karena itulah backup data sangat diperlukan untuk menjaga data penting yang kita miliki tetap aman.

Cara Aploud, Menyimpan, Dan Membuat Link Data Dari Google Drive

Dalam ilmu teknologi dan informasi, pencadangan adalah proses pembuatan cadangan data dengan cara menyalin atau mengarsipkan data yang ada agar dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

1. Jika data hilang, baik karena kerusakan atau penghapusan oleh pengguna, data tersebut dapat dipulihkan.

2. Menghasilkan data dari titik tertentu di masa lalu. Misalnya, ketika Anda memperbarui versi Windows dan Anda masih belum puas dengan pembaruan tersebut, Anda dapat kembali ke versi sebelumnya melalui pengaturan.

Ada banyak media penyimpanan yang bisa Anda gunakan untuk membackup data-data penting Anda. Misalnya saja flashdisk, hardisk, SSD, bahkan penyimpanan online seperti Google Drive, Drop Box, dan Mega.

Cara Membuat Email Baru Di Hp Dan Laptop, 3 Menit Jadi!

Nah disini Iky menyarankan Anda menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan online untuk membackup data-data penting yang Anda miliki.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk membackup data satu per satu ke Google Drive. Sebab pada artikel kali ini Iky akan membahas cara sinkronisasi penyimpanan di komputer ke Google Drive secara otomatis.

4. Kemudian pilih folder tempat Anda ingin menyimpan aplikasi cadangan yang diunduh sebelumnya dan klik “Simpan” (beberapa perangkat biasanya mengunduh secara otomatis ke folder “Unduhan”).

10. Kemudian akan muncul tampilan “Pilih folder dari komputer Anda untuk melanjutkan pencadangan Google Drive”. Pilih “Mengerti”.

Google Drive: Apa Itu, Fungsi, Keunggulan, Dan Cara Menggunakannya

11. Pada bagian ini, Anda dapat memilih folder yang ingin Anda backup dan sinkronkan dengan akun Google Drive Anda. Saran saya, pilih dan centang folder yang menurut Anda penting saja. Untuk memilih folder lain, klik Pilih Folder. Jika sudah, klik tombol “Berikutnya”.

12. Jika muncul pesan “Sinkronkan file dari drive ke folder di komputer ini”, pilih Dapatkan.

13. Di bagian ini, Anda dapat memilih apakah akan menyinkronkan atau mengunduh semua file di Google Drive ke komputer Anda. Jika dirasa kurang, hapus centang biru yang ada. Jika demikian, klik tombol “Mulai”.

14. Proses sinkronisasi kini sedang berlangsung dan Anda bisa duduk santai menunggu prosesnya selesai. Untuk mengecek apakah proses sinkronisasi berjalan lancar, Anda dapat mengklik tombol Cloud pada menu toolbar sebelah kanan (jika tidak, centang tombol panah bawah).

Cara Memindahkan Foto Yang Ada Di Hp Ke Google Drive

15. Untuk memastikan semua folder, file dan data yang Anda pilih tadi sudah dibackup, buka Google Drive di komputer atau laptop Anda. Kemudian pilih Komputer, lalu Komputer Saya. Jika file Anda telah diunggah, file tersebut akan muncul di folder ini.

16. Sekarang coba buat dokumen Word dengan nama file “Sync Test” dan simpan pada salah satu folder yang kamu pilih pada tutorial nomor 11. Misalnya kamu memilih menyimpannya di folder Lecture Documents, cek di Google Drive di folder yang sama terlepas dari file di sana. Bahkan, proses sinkronisasi kini berjalan sempurna.

Catatan: Folder yang disinkronkan biasanya ditandai dengan inventaris berwarna hijau, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah

Proses sinkronisasi dan backup hanya dapat diselesaikan jika Anda memiliki koneksi internet. Jika tidak, prosesnya akan tertunda hingga Anda terhubung ke internet.

Gampang Banget! Begini Cara Melihat Hasil Google Form Dari Audiens Via Pc

Jika tampilan awal tidak muncul, mungkin karena komputer atau laptop Anda lemot dan lama menampilkannya. Namun jika tidak muncul, Anda bisa membukanya melalui:

· Klik tombol awan di sebelah kanan, lalu klik tombol 3 titik di pojok kanan atas. Kemudian pilih Preferensi.

· Kemudian pilih folder yang ingin Anda backup dan sinkronkan dengan akun Google Drive Anda. Saran saya, pilih dan centang folder yang menurut Anda penting saja. Untuk memilih folder lain, klik Pilih Folder. Jika sudah, klik tombol OK.

Sobat, ini cara lengkap untuk sinkronisasi dan backup data ke Google Drive. Jika Anda masih bingung dengan tutorial di atas, tanyakan pada kotak komentar di bawah dan Iky akan segera menjawab Anda dengan solusinya. Semoga membantu, wassalamu’alaikum dan bersiaplah.

Cara Mengirim File Dari Laptop Ke Hp Tanpa Kabel Data Dan Flashdisk, Mudah!

Cara menghubungkan google drive hp ke laptop, cara sinkron komputer ke google drive, cara menghubungkan wa dengan google drive, cara translate dengan google drive, cara menghubungkan folder ke google drive, cara membuat google drive di komputer, cara menghubungkan google maps dengan grab, cara sinkron google drive dengan laptop, cara menghubungkan google form dengan spreadsheet, cara menghubungkan google drive ke komputer, cara menghubungkan google form dengan excel, cara menghubungkan file ke google drive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *